Hijab.id

Menjelajahi Tradisi Kecantikan Kuno yang Kembali Populer di Tahun 2023

4 Agu 2023  |  560x | Ditulis oleh : Admin
Menjelajahi Tradisi Kecantikan Kuno yang Kembali Populer di Tahun 2023

Kecantikan telah menjadi bagian integral dari budaya manusia sejak zaman kuno. Dari Mesir kuno hingga dinasti-dinasti Tiongkok, berbagai peradaban telah mengembangkan tradisi kecantikan yang unik dan berharga. Meskipun begitu, banyak dari tradisi-tradisi ini telah terlupakan selama bertahun-tahun, tergantikan oleh tren-tren modern dan produk-produk komersial. Namun, pada tahun 2023, kita menyaksikan lonjakan minat masyarakat dalam memahami dan mengikuti kembali tradisi kecantikan kuno yang telah diteruskan dari generasi ke generasi. Mari kita menjelajahi beberapa dari tradisi kecantikan kuno yang kembali populer di tahun ini.

Penggunaan Bahan Alami

Salah satu ciri khas dari tradisi kecantikan kuno adalah penggunaan bahan-bahan alami. Berbagai ramuan alami seperti madu, minyak kelapa, biji jintan, dan lidah buaya dipercaya memiliki manfaat luar biasa bagi kulit dan rambut. Masyarakat modern kini lebih sadar akan keamanan dan dampak lingkungan dari produk-produk kecantikan yang digunakan, itulah sebabnya banyak orang beralih kembali ke penggunaan bahan-bahan alami ini.

Ritus Pijat dan Refleksi

Budaya pijat telah dikenal dalam berbagai tradisi kuno, seperti pijat Ayurveda dari India, pijat shiatsu dari Jepang, dan akupunktur dari Tiongkok. Ritus pijat dan refleksi ini kini semakin populer di seluruh dunia karena diklaim dapat merangsang sirkulasi darah, mengurangi stres, dan meningkatkan kesehatan dan kecantikan secara keseluruhan.

Perawatan Wajah Tradisional

Rutinitas perawatan wajah kuno, seperti metode pembersihan dengan minyak dari Yunani kuno atau menggunakan bahan alami seperti gula dan garam untuk eksfoliasi dari Romawi, telah menjadi tren di tahun 2023. Tradisi ini menekankan pentingnya menjaga keseimbangan pH kulit, mencegah penuaan dini, dan menghidrasi kulit dengan cara yang aman dan alami.

Make-up Berbasis Alami

Kecantikan kuno juga dikenal dengan gaya make-up yang sederhana namun anggun. Beberapa trend make-up yang kembali populer adalah menggunakan pigmen alami dari tanaman dan mineral, menghindari bahan-bahan sintetis dan berbahaya. Hal ini juga mencakup penggunaan lipstik berbasis tanah liat, riasan mata berbahan dasar biji-bijian, dan blush-on dengan ekstrak bunga alami.

Penggunaan Minyak Esensial

Minyak esensial telah digunakan dalam tradisi kecantikan kuno untuk tujuan aromaterapi, perawatan kulit, dan relaksasi. Berbagai minyak esensial seperti lavender, peppermint, dan rosehip kini menjadi sangat populer untuk mengatasi masalah kulit, menjaga keseimbangan emosi, dan meningkatkan suasana hati.

Pengobatan Herbal dan Ramuan

Pengobatan herbal telah menjadi bagian integral dari tradisi kuno untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan dan kecantikan. Obat-obatan herbal seperti daun neem dari India untuk mengatasi jerawat, jahe untuk meningkatkan sirkulasi darah, dan ekstrak ginseng dari Korea untuk mencerahkan kulit, kini banyak digunakan kembali dalam produk-produk kecantikan modern.

Tren Rambut Kuno

Tidak hanya perawatan wajah, tren rambut kuno juga mengalami kebangkitan pada tahun 2023. Misalnya, gaya rambut dengan bunga segar yang dipopulerkan oleh perempuan Romawi klasik kini menjadi tren untuk pernikahan dan acara-acara khusus. Selain itu, tren rambut alami tanpa bahan kimia yang merusak, seperti gaya rambut keriting alami dari Afrika atau penggunaan minyak kelapa untuk mengatasi masalah rambut kering, juga semakin populer.

Tradisi kecantikan kuno telah menjadi inspirasi bagi banyak orang pada tahun 2023. Minat meningkat dalam menggunakan bahan-bahan alami, pengobatan herbal, pijat, dan perawatan rambut tradisional menandakan bahwa masyarakat semakin menghargai kearifan dan pengetahuan yang telah diteruskan dari masa lalu. Selain memberikan manfaat bagi kecantikan dan kesehatan, kembali ke akar-akar tradisi kuno juga berarti menghormati budaya kita yang kaya akan pengetahuan dan pengalaman masa lalu.

Baca Juga: