rajaseo

Pendidikan Karakter Berkelanjutan di Sekolah Islam Di Bandung

23 Jan 2024  |  269x | Ditulis oleh : Admin
pesantren Al Masoem

Pendidikan karakter merupakan salah satu pilar penting dalam pendidikan Islam. Pendidikan karakter bertujuan untuk membentuk kepribadian peserta didik yang bermoral dan beretika. Pendidikan karakter harus dilakukan secara berkelanjutan, baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Dalam artikel ini kami akan membahas betapa pentingnya untuk melanjutkan pendidikan karakter dari tingkat dasar hingga tingkat atas di dalam sistem sekolah yang berkelanjutan. Dan semua hal yang kami bahas di dalam artikel ini kami ambil dari Pesantren siswa Al Ma'soem sebagai salah satu sekolah Islam di Bandung yang mengedepankan pendidikan karakter dan pendidikan moral siswa dengan basic disiplin dan islami.

Pendidikan Karakter Berkelanjutan di Al Masoem Sekolah Islam Di Bandung

Al Masoem, Sekolah Islam di Bandung memiliki peran penting dalam mengembangkan pendidikan karakter. Sekolah Islam dapat mengembangkan pendidikan karakter melalui berbagai program dan kegiatan, seperti:

Kurikulum

Kurikulum sekolah Islam harus memuat materi-materi yang dapat mengembangkan karakter peserta didik, seperti akhlak, budi pekerti, dan nilai-nilai Islam lainnya.

Proses pembelajaran

Proses pembelajaran di sekolah Islam harus dirancang untuk mengembangkan karakter peserta didik. Guru dapat menggunakan berbagai metode pembelajaran yang dapat melatih peserta didik untuk berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Islam.

Kegiatan ekstrakurikuler

Kegiatan ekstrakurikuler dapat menjadi sarana yang efektif untuk mengembangkan karakter peserta didik. Sekolah Islam dapat menyelenggarakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang dapat melatih peserta didik untuk mengembangkan berbagai karakter positif, seperti kepemimpinan, kerjasama, dan tanggung jawab.

Al Ma'soem menjadikan pendidikan karakter sebagai salah satu hal yang akan dijadikan penilaian kedepannya. Dimana setiap anak atau siswa yang selain berprestasi juga mereka memiliki attitude atau akhlak yang baik berhak mendapatkan beasiswa atau Al Masoem sebut sebagai beasiswa kriteria akhlak.

Beasiswa Kriteria Akhlak Al Masoem

Seperti dikutip dari almasoem.sch.id, beasiswa kriteria akhlak merupakan beasiswa yang menggunakan berbagai macam sektor sebagai penilaian seperti : 

  • Prestasi siswa
  • Absensi selama di sekolah
  • Penilaian wali kelas
  • Poin pelanggaran atau penilaian dari kesiswaan
  • Kemandirian siswa atau Mulok
  • Ekstrakurikuler

Dimana dari sini sudah jelas bahwa attitude atau moral atau adab siswa menjadi penilaian utama bagi Al Ma'soem untuk memberikan beasiswa ini kepada para siswa dan santrinya. Maka dari itu jika ingin mendapatkan beasiswa ini banyak penilaian yang diambil dan salah satunya adalah akhlak mulia dari siswa dan santri. Ini menjadi harapan bagi sekolah untuk membuat para siswa untuk mampu menjadi siswa yang beradab agar mereka termotivasi juga untuk mendapatkan beasiswa ini. Beasiswa ini diberikan kepada 10 siswa perangkatannya, dan mereka yang mendapatkan beasiswa ini berhak mendapatkan gratis SPP selama satu semester atau enam bulan.

Selain program beasiswa berikut adalah beberapa contoh program dan kegiatan pendidikan karakter yang dapat diterapkan di sekolah sekolah Islam di Bandung:

Program pembiasaan

Sekolah Islam dapat menerapkan program pembiasaan untuk membentuk karakter peserta didik, seperti membiasakan peserta didik untuk mengucapkan salam, berdoa sebelum makan, dan menjaga kebersihan lingkungan.

Program kepedulian sosial

Sekolah Islam dapat menyelenggarakan program kepedulian sosial untuk melatih peserta didik untuk memiliki empati dan peduli terhadap sesama, seperti program bakti sosial, kunjungan ke panti asuhan, dan program penggalangan dana untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Program pengembangan diri

Sekolah Islam dapat menyelenggarakan program pengembangan diri untuk melatih peserta didik untuk mengembangkan berbagai karakter positif, seperti kepemimpinan, kerjasama, dan tanggung jawab. Program pengembangan diri dapat berupa pelatihan, seminar, atau workshop.

Dengan menerapkan berbagai program dan kegiatan pendidikan karakter secara berkelanjutan, sekolah Islam dapat membentuk peserta didik yang bermoral dan beretika.

Dengan demikian, kontribusi Al Masoem sebagai salah satu sekolah Islam di Bandung dalam membangun pendidikan karakter berkelanjutan bukanlah hanya untuk kepentingan individu, tetapi juga sebagai bagian dari upaya lebih besar untuk membentuk masyarakat yang berdaya, adil, dan beretika. Semoga perjalanan pendidikan karakter yang telah dilakukan oleh sekolah ini dapat terus menginspirasi sekolah-sekolah lainnya, memberikan kontribusi positif bagi perkembangan pendidikan di Indonesia, dan menghasilkan generasi penerus yang unggul dalam segala aspek kehidupan.

Berita Terkait
Baca Juga: