rajabacklink

Ekstrakurikuler IPTEK di Pesantren Al Masoem Bandung: Mengasah Kemampuan Sains dan Teknologi

3 Jun 2024  |  68x | Ditulis oleh : Admin
Pesantren Al Masoem

Pesantren Al Masoem di Bandung merupakan salah satu pesantren yang memiliki program ekstrakurikuler yang unik dan menarik, yaitu Ekstrakurikuler Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Pesantren ini tidak hanya fokus pada pendidikan agama, tetapi juga memberikan perhatian yang serius terhadap pengembangan kemampuan di bidang sains dan teknologi. Melalui ekstrakurikuler IPTEK, pesantren ini menjembatani para santri untuk mengasah kemampuan sains dan teknologi mereka.

Salah satu kegiatan unggulan dari ekstrakurikuler IPTEK di Pesantren Al Masoem adalah Laboratorium Sains. Di sini, para santri diberikan kesempatan untuk melakukan eksperimen dan penelitian ilmiah. Mereka diajarkan untuk memahami konsep-konsep sains melalui praktik langsung, sehingga dapat mengembangkan keterampilan analisis dan pemecahan masalah. Dengan adanya Laboratorium Sains ini, santri dapat membuktikan teori-teori sains yang dipelajari di kelas sehingga pemahaman mereka akan materi menjadi lebih mendalam.

Selain itu, pesantren ini juga menyediakan workshop dan pelatihan teknologi bagi para santri. Mereka dapat belajar tentang pemrograman, robotika, dan teknologi informasi lainnya. Hal ini membantu para santri untuk mengembangkan kemampuan di bidang teknologi yang semakin penting di era digital ini. Dengan adanya pelatihan teknologi ini, pesantren Al Masoem mampu mencetak generasi yang memiliki keterampilan teknologi yang handal.

Pesantren Al Masoem Bandung juga rutin mengadakan kegiatan lomba dan olimpiade sains bagi para santri. Hal ini memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengaplikasikan ilmu yang sudah mereka pelajari dan menguji kemampuan mereka di bidang sains. Dengan demikian, mereka dapat mengasah kemampuan kompetitif mereka sekaligus meningkatkan rasa percaya diri.

Dengan adanya program ekstrakulikuler IPTEK di Pesantren Al Masoem Bandung, para santri tidak hanya memperoleh pendidikan agama yang kuat, tetapi juga memiliki kemampuan di bidang sains dan teknologi yang mumpuni. Hal ini memberikan kesempatan bagi mereka untuk berkembang dan bersaing di era modern yang semakin menuntut keterampilan di bidang sains dan teknologi.

Berita Terkait
Baca Juga: