MU

Membangun Kesejahteraan dan Kesehatan Masyarakat: Peran Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Cabang Aceh Tengah

12 Feb 2024  |  643x | Ditulis oleh : SH Writer
PAFI Aceh Tengah

Sejak proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia telah berjuang mempertahankan kemerdekaan dan membangun negara sesuai dengan semangat gotong royong. Di antara potensi pembangunan yang tidak pernah absen dalam perjuangan tersebut adalah Ahli Farmasi Indonesia. Mereka bukan hanya turut serta dalam melawan penjajahan, tetapi juga aktif dalam memperjuangkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat. Salah satu wadah yang mewadahi semangat dan perjuangan tersebut adalah Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI). 

Pada tanggal 13 Februari 1946, di Yogyakarta, lahirlah organisasi yang menjadi rumah bagi semua tenaga yang berbakti di bidang farmasi, yaitu Persatuan Ahli Farmasi Indonesia, yang lebih dikenal dengan singkatan PAFI. Organisasi ini tidak hanya merupakan wadah untuk menghimpun para ahli farmasi, tetapi juga menjadi panggung bagi mereka untuk berperan aktif dalam pembangunan masyarakat dan negara. 

PAFI, dengan pengurus pusatnya, berkedudukan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berasaskan Pancasila, menjalankan perannya sebagai organisasi profesi yang berfokus pada kekaryaan dan pengabdian. Dengan demikian, tujuan PAFI tidak terbatas pada lingkup profesi semata, tetapi juga mengarah pada upaya membangun masyarakat yang adil dan makmur, berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. 

Salah satu cabang PAFI yang menunjukkan komitmen yang kuat terhadap misi ini adalah Cabang Aceh Tengah. Dalam konteks Aceh, yang kaya akan warisan budaya dan alamnya, PAFI memiliki peran yang penting dalam memastikan pelayanan farmasi yang berkualitas dan terjangkau bagi masyarakat. PAFI Cabang Aceh Tengah juga sudah menyediakan layanan cepat dan efisien melalui website di pafiacehtengah.org, dan bisa langsung dikases melalui ponsel maupun PC dengan akses internet. 

Sebagai organisasi profesi, PAFI Cabang Aceh Tengah memiliki tujuan yang jelas: 

Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur

PAFI memahami bahwa kesejahteraan masyarakat merupakan pondasi utama bagi kemajuan bangsa. Oleh karena itu, melalui berbagai program dan kegiatan, PAFI berupaya memberikan kontribusi nyata dalam memperjuangkan kesejahteraan bagi seluruh lapisan masyarakat. 

Mewujudkan Derajat Kesehatan yang Optimal

Kesehatan adalah hak setiap warga negara. PAFI Cabang Aceh Tengah berkomitmen untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan menyediakan layanan farmasi yang berkualitas, edukasi kesehatan, dan advokasi atas kebijakan-kebijakan kesehatan yang pro-rakyat. 

Mengembangkan dan Meningkatkan Pembangunan Farmasi Indonesia

Sebagai garda terdepan dalam sektor farmasi, PAFI turut serta dalam pengembangan dan peningkatan bidang farmasi di Indonesia. Melalui penelitian, inovasi, dan peningkatan kapasitas tenaga farmasi, PAFI berusaha memastikan bahwa Indonesia memiliki sistem farmasi yang kuat dan berdaya saing global. 

Meningkatkan Kesejahteraan Anggota

PAFI sadar bahwa kesejahteraan anggota merupakan aset utama bagi keberlangsungan organisasi. Oleh karena itu, PAFI Cabang Aceh Tengah berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya melalui berbagai program pengembangan profesi, pendidikan dan pelatihan, serta pemberian fasilitas dan jaminan sosial yang memadai. 

Dalam menjalankan misi dan visinya, PAFI Cabang Aceh Tengah menghadapi berbagai tantangan, terutama dalam konteks perubahan dinamika sosial, ekonomi, dan teknologi. Tantangan tersebut menuntut PAFI untuk terus beradaptasi, berinovasi, dan bersinergi dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, dan sektor swasta. 

Di tengah semua tantangan dan kompleksitas tersebut, semangat gotong royong, kebersamaan, dan integritas tetap menjadi landasan kuat bagi PAFI Cabang Aceh Tengah dalam menjalankan peran dan fungsinya sebagai garda terdepan dalam pembangunan farmasi dan kesehatan masyarakat di Aceh. 

Dengan semangat kebersamaan dan komitmen yang kokoh, PAFI Cabang Aceh Tengah yakin dapat terus memberikan kontribusi yang nyata bagi pembangunan Aceh yang lebih baik, adil, dan berkelanjutan. 

Baca Juga: