Sawahlunto

Sikalang Gelar Temu Kangen Bareng Perantau

Warta Andalas | Sabtu, 10 Agustus 2013 - 14:58:54 WIB | dibaca: 629 pembaca

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO – Untuk yang pertama kalinya, desa Sikalang kecamatan Talawi kota Sawahlunto menggelar acara “Temu Kangen” antara warga Sikalang dengan perantau.

Kegiatan yang diprakarsai para pemuda setempat itu digelar di pentas permanen, dengan dihadiri para warga dan perantau, tokoh masyarakat serta kepala desa Edi Sucipto.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Defri Aguswan yang diwakili Maizulfahmi atau yang biasa disapa mbah Yomo mengatakan bahwa terselenggaranya kegiatan tersebut merupakan inisiatif dari para pemuda desa Sikalang yang terus membangun komunikasi yang baik dengan seluruh perantau.

“Kami sangat berterimakasih pada para perantau yang telah memberikan apresiasinya sehingga kegiatan ini dapat terselenggara. Meski dalam kegiatan perdana ini masih banyak kekurangan, namun untuk kedepan kami akan berusaha agar acara ini menjadi lebih baik lagi,” ujarnya.

Dari kegiatan ini, lanjut dia, diharapkan agar rasa kebersamaan sebagai sesama warga desa Sikalang kian meningkat, sehingga pembangunan di Sikalang dapat terwujud dengan kolaborasi yang ada bersama para perantau.

“Alhamdulillah, kemarin kita juga sudah mendapatkan bantuan dari perantau sebesar Rp.6 juta yang digunakan untuk melanjutkan pembangunan Masjid,”ungkapnya.

Sementara itu, Zuliadi, perantau Sikalang di Banten  yang mewakili puluhan perantau lainnya menyatakan sangat bangga dan gembira dengan adanya penyambutan ini.

“Meski masih ada beberapa kekurangan, namun untuk kegiatan Temu Kangen perdana ini kami nilai sudah sangat luar biasa. Kami berharap agar kedepannya panitia bisa mempersiapkan segala sesuataunya dengan lebih terkonsep, sehingga tak hanya perantau saja yang berkumpul dalam acara ini, tetapi juga warga Sikalang lainnya,” harapnya.

Ia juga mengatakan bahwa perantau juga ingin memberikan kontribusi pada pembangunan desa Sikalang.”Untuk itu, kami juga berharap agar pemerintahan desa mampu menggali potensi yang ada untuk mengembangkan Sikalang, sehingga desa kita tak lagi menjadi desa yang pasif,” imbuhnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Desa Sikalang, Edi Sucipto dalam sambutannya berjanji bahwa untuk kedepannya akan mempersiapakn konsep acara Temu Kangen secara lebih baik lagi.

Dihadapan para perantau, Cipto menyampaikan bahwa mascot pembangunan desa Sikalang adalah Masjid, sebab untuk sejumlah sector lainnya telah diakomodir oleh Pemerintah kota.

“Untuk tahap awal, kita telah membangun tempat berwudhu, dan selanjutnya kita telah merencanakan utnuk menyediakan Perpustakaan  serta jaringan internet, sehingga informasi pembangunan sekecil apapun yang ada di Sikalang dapat diketahui dengan mudah. Dan bagi perantau yang ingin mengetahui perkembangan desa, dapat mengakses di grup Facebook Sikalang Punya Kita,” papar Cipto.

Dalam suasana kebersamaan yang masih bernuansa lebaran itu, mereka juga disuguhi beraneka menu khas jaman dahulu seperti Gethuk, Gronthol, Ongol-ongol, Cenil, Pecel serta berbagai makanan khas jawa lainnya.

Selain itu, mereka juga dihibur dengan orgen tunggal Qharisma Music dan berbagai penampilan kesenian seperti penampilan paduan suara ibu-ibu majelis Taklim, Keroncong desa Sikalang, Kuda Kepang Bima Sakti serta sejumlah kesenian lainnya. (ap)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)